Media Sarana Informasi

10/19/19

Harta dan Ilmu

*HARTA DAN ILMU*

Dalam hidup ini diperlukan harta dan juga ilmu. Harta dan ilmu harus proporsional dalam kehidupan kita karena keduanya merupakan bekal kehidupan.

Dalam satu riwayat diceritakan bahwa pada suatu hari Sayidina Ali bin Abi Thalib ra. didatangi sepuluh orang Khawarij. Mereka ingin mengetahui keutamaan harta dibandingkan dengan ilmu.

Sepuluh orang Khawarij itu sepakat masing-masing mengajukan satu pertanyaan yang sama kepada Ali. Lantas meminta agar mereka diberikan jawaban yang berbeda-beda. Apabila Ali bisa menjawab mereka akan menganggap beliau sebagai orang pandai sebagaimana pernah disabdakan Rasulullah saw. :
_"Anaa madinatul 'ilmi wa 'aliyyun baabuhaa."_
"Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah pintunya. Dan siapa yang hendak memasuki kota itu hendaklah ia melalui pintunya." (HR. Hakim).

"Wahai Ali! Manakah yang lebih utama, harta atau ilmu?

Ali menjawab sepuluh pertanyaan yang sama itu dengan sepuluh jawaban yang berbeda-beda.

Pertama, ilmu adalah warisan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan Fir'aun. Karena itu ilmu lebih baik daripada harta.

Kedua, ilmu yang engkau miliki akan menjagamu sedangkan harta yang engkau miliki harus kau jaga. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Ketiga, ilmu yang dibagikan akan semakin bertambah sedangkan bila harta dibagikan ia akan berkurang. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Keempat, manusia yang berilmu memiliki banyak teman sedangkan manusia yang banyak hartanya banyak musuhnya. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Kelima, ilmu menjadikan seseorang murah hati karena pandangannya luas sedangkan harta cenderung menjadikan seseorang picik dan sengsara karena takut kehilangan hartanya. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Keenam, ilmu tidak dapat dicuri sedangkan harta selalu berpotensi untuk dicuri. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Ketujuh, kedalaman dan keluasan ilmu akan bertambah seiring berjalannya waktu sedangkan harta semakin lama semakin lapuk dan rusak. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Kedelapan, engkau tidak dapat menyimpan catatan ilmu karena ilmu tidak terbatas sedangkan engkau dapat menyimpan catatan harta kekayaanmu karena harta itu terbatas. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Kesembilan, ilmu mencerahkan pikiran sedangkan harta membuat pikiran jadi gelap. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

Kesepuluh, ilmu menyebabkan para Nabi berkata kepada Allah, "Kami menyembah Allah sebagaimana kami adalah hamba-hamba-Nya." sedangkan harta dapat membahayakan, menyebabkan Fir'aun dan Namrud bersikap congkak menyatakan diri mereka sebagai Tuhsn. Karena itu, ilmu lebih baik daripada daripada harta.

Sepuluh orang Khawarij itu lantas pergi. Ali berkata, "Jika sekiranya mereka masih menanyakan hal yang sama lagi maka maka aku akan menjawabnya dengan jawaban yang berbeda pula, selama aku masih hidup.

Betapa tingginya ilmu, sebagai cahaya dan petunjuk yang akan menyelamatkan kehidupan. Sementara harta harus dijaga dan diselamatkan pemiliknya agar tidak merusak kehidupannys. Karena harta bisa menjadi malapetaka bila tidak disertai ilmu yang benar.
Wallahu'alsm.

Kita berdo'a kepada Allah SWT agar Dia senantiasa menambah ilmu dalam kehidupan kita,
*"Robbii zidni 'ilman."*
"Ya Tuhan kami, tambahkanlah ilmu pengetahuan kami."
Aamiin!
Share:

Definition List

Unordered List

Advertising

About Me

Email : advmedsos@mediacompersada.com