Media Sarana Informasi

4/4/20

Dipergoki polisi pembalak liar !

KOMPAS.com – Sejumlah polisi hutan (Polhut) memergoki 12 pembalak liar yang sedang memotong pohon di hutan milik Perhutani yang berada di Kecamatan Wates, Blitar, Jawa Timur, Senin (30/3/2020). Wakil Adm Perhutani Blitar Sarman mengatakan, awalnya petugas mendapat laporan terjadi pembalakan liar di hutan Perhutani yang berada di Kecamatan Wates. Polisi hutan bersama polsek setempat langsung datang ke lokasi.

Anehnya, saat petugas datang, para pelaku tak kabur dan terlihat santai di lokasi. Saat ditanya, warga mengaku bahwa aksi mereka itu atas perintah seseorang. Bahkan, mereka menyebutkan nama orang yang menyuruhnya. Warga beralasan melakukan penebangan karena pohon bukan berada di lahan hutan milik Perhutani, tapi di lahan desanya. “Oleh petugas dihentikan karena itu lahan Perhutani, bukan lahan desa seperti yang mereka klaim. Kayu-kayu hasil penebangan itu disita petugas, namun tak langsung diangkut keluar hutan,” ujar Sarman dikutip dari Surya, Rabu (2/4/2020). Polisi kemudian menyita tiga gergaji mesin, sedangkan 12 pembalak dilepaskan.

Namun, saat mobil yang dikendarai sampai di pintu keluar hutan atau akan masuk ke perkampungan terdekat, puluhan warga sudah menghadang. Mereka minta agar tiga gergaji mesin itu diserahkan kembali

Alasannya tetap sama, merasa kayu jati yang mereka tebang itu berada di lahan desanya. “Karena petugas menghindari sesuatu yang tak diinginkan, maka gergaji itu diserahkan. Selanjutnya, ketegangan bisa dihindari,” ujar Sarman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bukannya Kabur Saat Dipergoki Polisi, Belasan Pembalak Liar Malah Santai”, https://regional.kompas.com/read/2020/04/03/12402221/bukannya-kabur-saat-dipergoki-polisi-belasan-pembalak-liar-malah-santai?page=2.

Editor : David Oliver Purba
Share:

Definition List

Unordered List

Advertising

About Me

Email : advmedsos@mediacompersada.com