HUT KBB ke-13 Dirayakan Melalui Virtual, DPRD KBB: Saatnya Bersinergi Melawan Pandemi Covid-19




Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke-13 yang jatuh pada Jumat 19 Juni 2020 dengan tema “Masyarakat Sehat Menuju KBB Kuat” tampak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu tak terlepas dari kondisi akibat wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Ketua DPRD KBB, Rismanto menyatakan, dalam momentum Hari Jadi KBB tahun ini digelar secara sederhana melalui sambungan virtual. Hal itu dilakukan guna menghindari kerumunan massa di tengah pandemi virus korona.

“Hari Jadi KBB penting menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi. Sehingga rapat paripurna dilaksanakan secara sederhana melalui virtual,” kata Rismato ditemui di DPRD KBB, Kamis (18/6/2020).

Menurut Rismanto, kendati digelar sederhana, namun dirinya memastikan kegiatan tersebut tidak mengurangi esensi untuk terus berjuang melanjutkan KBB ke depan yang lebih maju. Sesuai dengan tatib, mulai dari rapat paripurna, pembacaan sejarah hingga sambutan dari pejabat tetap dilaksanakan dalam kegiatan tersebut.

“Intinya peringatan Hari Jadi KBB ini, merupakan refleksi agar lebih baik ke depan serta mengetahui latarbelakang pemekaran dan capaian keberhasilan yang sudah dicapai,” katanya.



Rismanto menjelaskan, peringatan Hari Jadi KBB ini juga harus dijadikan momentum untuk menguatkan sinergitas antara legislatif dan eksekutif dalam membangun KBB sesuai dengan visi misi yang dituangkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) selama lima tahun atau masa periode 2018-2023.

“Kita terus berupaya agar kerja sama dan sinergitas antara legislatif dan eksekutif tetap terjalin dengan baik dan semakin kompak dalam mewujudkan KBB yang lebih maju. Apalagi, sejak adanya corona ini, kami dan eksekutif sering bertemu dalam kegiatan rapat bersama dalam penanganan korona,” ujarnya.

Ia menyebutkan tugas legislatif dan eksekutif saat ini akan lebih fokus terhadap pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di KBB. Terutama fokus untuk pemulihan ekonomi masyarakat setelah menghadapi wabah korona selama tiga bulan terakhir.

“Setelah kita berhasil menekan angka corona, selanjutnya fokus pada pemulihan ekonomi masyarakat agar kembali normal. Kami juga tetap mengingatkan masyarakat agar menjaga protokol kesehatan di tengah AKB agar tak ada lagi pasien yang terpapar corona,” ungkapnya.

Rismanto yang juga politisi PKS ini memandang, jika AKB ini terlaksana dengan baik, ditambah kasua korona berhasil dilalui, maka pemerintah daerah bisa kembali fokus melanjutkan pembangunan fisik yang sempat tertunda.



“Jika sudah selesai, maka pembangunan yang tertunda bisa dilanjutkan kembali. Kita ketahui selama korona ini terjadi banyak pergeseran anggaran di SKPD, termasuk anggaran di DPRD saja ada Rp 11 miliar yang digeser untuk penanganan korona,” jelasnya.

Disinggung soal harapan di Hari Jadi ke-13, Rismanto berkeinginan agar kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki jauh lebih unggul. Termasuk pelayanan publik bisa jauh lebih cepat dengan kemudahan teknologi yang didapat. Sehingga masyarakat akan merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan pemerintah.

“Kita ketahui, pembangunan fisik di KBB sudah menorehkan prestasi seperti hadirnya RSUD, pasar tradisional, sekolah, infrastruktur jalan. Harapan kami kualitas SDM dan pelayanan publik bisa ditingkatkan lagi,” katanya.

Adapun Wakil Ketua DPRD KBB dari Fraksi Golkar, Ayi Sudarajat sebelumnya berharap, potensi unggulan di KBB seperti, pertanian dan pariwsata ke depan bisa dikembangkan dengan lebih baik. Dengan begitu, diharapkan sektor ekonomi di KBB dapat lebih meningkat.

“Untuk meningkatan kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara negara, kami sarankan bisa juga melalui pembentukan badan ekonomi daerah,” ujar Ayi.



Wakil Ketua DPRD KBB dari Fraksi PDIP, Ida Widaningsih berharap di Hari Jadi KBB yang ke-13, kepimpinan pemerintahan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan bisa mewujudkan harapan-harapan masyarakat.

“Pertama saya ucapakan selamat hari jadi KBB ke-13. Kami berharap, kepemimpinan AKUR bisa lebih sukses, maju dan bisa mewujudkan masyarakat lebih sejahtera,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD KBB dari fraksi Gerindra, Pipih Supriati juga berharap, melalui momentum Hari Jadi KBB ke-13 visi-msi AKUR, (Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Relegius) bisa direalisasikan dengan baik.

“Tidak hanya itu, pengembangan ekonomi, optimalisasi sumber daya alam dan kualitas SDM harus bisa segera diwujudkan dengan baik,” tuturnya. ADV**
Lebih baru Lebih lama