Media Sarana Informasi

12/19/20

Efek Berhenti Merokok bagi Tubuh Manusia, Sudah Muncul dalam Hitungan Menit

 Merokok membunuhmu. Itulah slogan yang dapat kita lihat dalam produk rokok. Slogan sederhana yang memberitahu orang-orang bahwa produk ini dapat membahayakan kesehatan mereka. Slogan sederhana yang seharusnya dapat dengan mudah dipahami oleh setiap orang.


Meskipun setiap orang sebenarnya sudah tahu tentang bahaya rokok, banyak orang justru mengabaikan peringatan dari slogan sederhana ini. Mereka pun berbondong-bondong membeli produk ini meskipun telah melihat gambaran penyakit yang pada kemasannya.


Meskipun sudah diberikan edukasi, gambaran penyakit, hingga ancaman kematian, banyak orang yang kesulitan untuk lepas dari jeratan rokok ini. Padahal, dikutip dari Healthline, efek positif berhenti merokok pada tubuh sudah muncul hanya dalam waktu sekitar 20 menit.


Berhenti untuk mengisap rokok memang tidak mudah. Tapi keputusan untuk berhenti merokok bisa menjadi salah satu keputusan terbaik yang pernah diambil dalam hidup. Karena hasil yang diberikan dari keputusan ini, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan sekarang dan di masa depan.


Berikut ini kami sampaikan bagaimana efek berhenti merokok bagi tubuh:

20 menit setelah berhenti merokok

Efek berhenti merokok bagi tubuh dimulai sekitar 20 menit setelah rokok terakhir. Tekanan darah dan denyut nadi Anda akan mulai kembali ke tingkat yang lebih normal.


Selain itu, serat pada saluran bronkial yang sebelumnya tidak bergerak dengan baik akibat paparan asap yang terus-menerus, akan kembali bergerak. Ini akan bermanfaat bagi paru-paru, karena serat membantu mengeluarkan iritan dan bakteri dari paru-paru sehingga membantu mengurangi risiko infeksi.


8 jam setelah berhenti merokok

Dalam delapan jam, kadar karbon monoksida akan kembali ke tingkat yang lebih normal. Karbon monoksida adalah zat kimia di dalam asap rokok yang menggantikan partikel oksigen dalam darah, yang dapat menurunkan jumlah oksigen yang diterima jaringan tubuh.


Ketika karbon monoksida hilang, kadar oksigen mulai meningkat ke tingkat yang lebih normal. Efek berhenti merokok ini akan meningkatkan oksigen dan membantu memelihara jaringan serta pembuluh darah, yang mana hanya mendapatkan sedikit oksigen ketika merokok.


24 jam setelah berhenti merokok

Dalam tanda satu hari, efek berhenti merokok dapat menurunkan risiko serangan jantung. Ini karena berkurangnya penyempitan vena dan arteri serta peningkatan kadar oksigen yang masuk ke jantung untuk meningkatkan fungsinya. Kadar nikotin dalam aliran darah pun juga akan menurun

48 jam setelah berhenti merokok

Pada 48 jam, ujung saraf yang sebelumnya rusak mulai tumbuh kembali. Anda mungkin juga mulai merasakan bahwa indra yang sebelumnya tumpul karena merokok mulai membaik. Anda mungkin akan menyadari bahwa Anda dapat mencium dan merasakan sesuatu lebih baik dari sebelumnya.


72 jam setelah berhenti merokok

Dalam tiga hari setelah berhenti merokok, Anda akan merasa lebih mudah untuk bernapas. Ini karena saluran bronkial di dalam paru-paru sudah mulai rileks dan lebih terbuka. Ini membuat pertukaran udara antara karbon dioksida dan oksigen menjadi lebih mudah.


Selain itu, efek berhenti merokok akan berpengaruh pada meningkatnya kapasitas paru-paru, atau kemampuan paru-paru untuk mengisi udara.


1 minggu setelah berhenti merokok

Selain faktor kesehatan, seseorang yang berhasil berhenti merokok dalam waktu satu minggu, memiliki peluang sembilan kali lebih besar untuk berhasil menjauh dari rokok. Peluang berhenti merokok ini akan meningkat dalam setiap upaya. Jika berhasil berhenti dalam satu minggu, Anda berpeluang menjauh dari rokok seumur hidup


2 minggu setelah berhenti merokok


Dalam dua minggu setelah berhenti merokok, mungkin mulai menyadari bahwa Anda tidak hanya bernapas lega. Anda juga lebih mudah mudah dan ringan dalam berjalan atau bergerak. Ini berkat meningkatnya sirkulasi dan oksigenasi.


Efek berhenti merokok akan berdampak baik pada fungsi paru-paru Anda yang meningkat sebanyak 30 persen sekitar dua minggu setelah berhenti merokok.


1 bulan setelah berhenti merokok

Hanya dalam satu bulan, Anda dapat mengalami banyak perubahan kesehatan, salah satunya adalah merasakan energi tubuh yang meningkat. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa banyak gejala yang berhubungan dengan merokok telah berkurang, seperti hidung tersumbat dan sesak napas saat berolahraga.


Selain manfaat tersebut, efek berhenti merokok juga berpengaruh pada serat di paru-paru yang membantu menjaga kesehatan paru-paru tumbuh kembali. Serat ini dapat membantu mengurangi penumpukan lendir berlebih dan melindungi dari infeksi bakteri.


3 bulan setelah berhenti merokok

Dalam waktu tiga bulan setelah berhenti merokok, seorang wanita dapat meningkatkan kesuburannya sekaligus mengurangi risiko bayi yang lahir prematur


6 bulan setelah berhenti merokok

Setelah enam bulan berhenti merokok, banyak orang sering menyadari bahwa mereka lebih mudah menangani kondisi stres yang datang tanpa merasa perlu merokok.


Mereka mungkin juga memperhatikan bahwa mereka mengeluarkan lebih sedikit lendir dan dahak. Ini karena peradangan saluran udara jauh lebih sedikit tanpa adanya paparan asap rokok dan bahan kimia yang terkandung di dalam rokok secara terus-menerus.


1 tahun setelah berhenti merokok

Setelah satu tahun berhenti merokok, paru-paru Anda akan mengalami peningkatan kesehatan yang dramatis dalam hal kapasitas dan fungsi. Anda akan melihat betapa mudahnya Anda bernapas saat memaksakan diri, seperti ketika berolahraga, dan seberapa jarang batuk dibandingkan saat Anda merokok. Dan sebagai manfaat tambahan, juga bisa menghemat pengeluaran.


3 tahun setelah berhenti merokok

Dalam tiga tahun setelah berhenti merokok, risiko terkena serangan jantung telah menurun. Merokok tidak hanya membatasi aliran oksigen ke jantung. Ini juga merusak lapisan arteri. Jaringan lemak mulai menumpuk, sehingga memungkinkan seseorang mengalami serangan jantung atau stroke.


Berhenti merokok dapat membantu membalikkan efek ini dan meningkatkan kesehatan jantung di masa yang akan datang


5 tahun setelah berhenti merokok


Menurut University of North Carolina, lima tahun setelah Anda berhenti merokok, risiko kematian akibat kanker paru-paru turun setengahnya dibandingkan saat merokok,.


10 Tahun setelah berhenti merokok

Setelah 10 tahun berhenti merokok, risiko Anda meninggal karena kanker paru-paru telah menurun. Sel yang sebelumnya bersifat prakanker berubah menjadi sel sehat. Selain menurunkan risiko kanker paru-paru,efek berhenti merokok juga akan menurunkan risiko terkena penyakit yang berkaitan dengan merokok. Ini juga termasuk penurunan risiko kanker pada bagian mulut, kerongkongan, kandung kemih, ginjal, dan pancreas.


15 tahun setelah berhenti merokok

Dalam kurun waktu 15 tahun, risiko terkena serangan jantung dan stroke telah menurun hingga menyamai orang yang tidak pernah merokok sebelumnya. Meskipun perlu waktu yang tidak sebentar, berhasil berhenti merokok dalam kurun 15 tahun merupakan tonggak penting bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Share:

Definition List

Unordered List

Advertising

About Me

Email : advmedsos@mediacompersada.com