Korban Longsor di Lembang Ditemukan Dalam Kondisi Tak Bernyawa





 Dedi Rohendi warga Jalan Pasir Ipis, Kampung Lebak Cihideung RT 02/RW 17, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang tertimbun longsor ditemukan dalam kondisi sudah meninggal, Jumat 25 Desember 2020 sekitar pukul 16.30 WIB.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo membenarkan ditemukannya warga Kampung Lebak Cihideung tersebut dalam keadaan sudah meninggal.


"Posisi tubuh korban ditemukan di tengah rumah miliknya. Tubuhnya tertimbun material longsor yang cukup tebal dan reruntuhan bangunan rumah," kata Duddy dihubungi lewat telepon.


Korban sudah tertimbun longsor sejak Kamis 24 Desember 2020 sekitar pukul 19.20 WIB. Tidak hanya Dedi, tiga orang lainnya ikut terkena longsoran tanah namun hanya mengalami luka.


Pencarian dengan melibatkan personel gabungan dari BPBD Kabupaten Bandung Barat, TNI/Polri, Relawan PB dan masyarakat.


Tiga orang mengalami luka atas nama Ani Suryani (41) dan Dani (19), keduanya ditangani di Puskesmas Jayagiri serta Adi (5) mendapat perawatan intensif di RSUD Lembang


Jumat pagi lokasi kejadian bencana ditinjau Bupati Bandung Barat Aa Umbara dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan.


Begitu melihat kondisi lokasi longsor, Bupati Umbara menginstruksikan untuk menaikkan status kebencanaan dari siaga ke tanggap darurat.


"Melihat kondisi titik longsor sudah harus secepatnya diambil langkah antisipasi. Hal ini untuk mencegah terjadi longsor susulan yang jauh lebih besar," kata Bupati Umbara.


Menurutnya antisipasi yang perlu segera dilakukan adalah dengan memasang bronjong di atas. Dikhawatirkan jika tidak cepat ditangani bisa terjadi longsor susulan.


"Kalau sampai terjadi longsor susulan, kemungkinan dampaknya akan lebih besar. Paling tidak ada sekitar sepuluh rumah di bawah yang posisinya terancam. Maka dari itulah perlu segera dipasang bronjong, mengingat Januari nanti berpotensi terjadi cuaca ekstrem," tandasnya.


Untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya meminta warga yang berada di lokasi sekitar untuk mengosongkan rumahnya. Hal itu lantaran potensi longsor susulan bisa terjadi.


“Ada 6 rumah yang terancam. warga di perintahkan untuk mengungsi sementara.

Posting Komentar untuk "Korban Longsor di Lembang Ditemukan Dalam Kondisi Tak Bernyawa"