Media Sarana Informasi

12/22/20

Waspada !! Jalur Alternatif Menuju Kawasan Wisata Lembang Ini Rawan Longsor





Bandung Barat - Wisatawan yang akan menuju kawasan wisata Lembang dari arah Cimahi maupun Padalarang diminta berhati-hati saat melalui rute alternatif Jalan Kolonel Masturi.

Hal tersebut karena jalan dengan kontur menurun dan menanjak curam serta berkelok itu rawan longsor. Terlihat dari kondisi pada permukaan jalan yang mengalami penurunan dan retak-retak sepanjang 100 meter.


Tak hanya itu, rute tersebut juga rawan terjadi kecelakaan terutama untuk kendaraan besar seperti bus dan truk sehingga tidak diperbolehkan melintasi jalur tersebut.


Sebagai langkah antisipasi, masyarakat yang tergabung dalam Relawan Peduli Bencana Lembang (RPBL) kemudian mendirikan posko di ruas Jalan Kolonel Masturi.


"Untuk antisipasi, RPBL dengan BPBD KBB rutin memantau pergerakan tanah di Jalan Kolonel Masturi ini. Tahun 2016 itu kejadian longsor di sini, ada 4 orang korban jiwa," ungkap Dadang Kurnia (41), Koordinator Lapangan RPBL saat ditemui, Minggu (20/12/2020


 sebagai pembatas agar kendaraan tidak terlalu minggir juga," terangnya.


Jalan Kolonel Masturi sendiri menjadi jalur alternatif paling sibuk bila musim liburan tiba. Apalagi ditambah hadirnya objek wisata Lembang Park and Zoo yang rute tercepatnya melalui jalur tersebut.


"Prediksi dari tahun-tahun sebelumnya akhir tahun itu selalu padat. Kendaraan padat daei arah Cimahi dan Padalarang. Kita rencananya akan berjaga sampai tanggal 10 Januari," bebernya.


Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah menjelaskan pihaknya sudah mengecek sejumlah jalur alternatif yang bakal dilintasi kendaraan menuju kawasan Lembang pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang, salah satunya di Jalan Kolonel Masturi.


"Jalur dari Cimahi maupun Bandung Barat, tepatnya di Alam Sejuk Jalan Kolonel Masturi ini pernah terjadi longsor sehingga kami antisipasi memasang traffic cone juga imbauan bagi pengguna kendaraan," ungkapnya.


Dia menjelaskan, jalur Kolonel Masturi hanya diperbolehkan dilintasi kendaraan-kendaraan kecil saja karena untuk kendaraan besar seperti truk dan bus sangat rawan kecelakaan mengingat jalurnya menurun, berbelok-belok dan rawan licin.


"Apabila ada kendaraan besar memaksa melewati jalur ini akan kami imbau agar memutar dan diarahkan melewati jalur arteri saja," ujarnya.


Share:

Definition List

Unordered List

Advertising

About Me

Email : advmedsos@mediacompersada.com