Media Sarana Informasi

1/11/21

Banjir di Cimanggung Sumedang, Kendaraan Terseret Arus dan Rumah Warga Terendam

Banjir di Cimanggung Sumedang, Kendaraan Terseret Arus dan Rumah Warga Terendam





















Sumedang - Banjir telah menerjang kawasan Kabupaten Sumedang, tepatnya di kawasan Cimanggung pada Sabtu (9/1/202) sore. Akibatnya kendaraan roda dua yang melintas terbawa hanyut. Video yang menggambarkan banjir ini ramai di media sosial.
Video berdurasi kurang lebih satu menit itu, kendaraan yang berusaha melawan arus air hampir terbawa hanyut dan tidak kuat menahan derasnya air.

Akibatnya, warga sekitar membantu sejumlah kendaraan yang tidak kuat menahan derasnya air mendorong agar tidak terhempas.

Dalam video tersebut, terdengar suara wanita mengatakan kepada pengendara yang melintas agar menepi ke bahu jalan agar tidak terseret derasnya air.

"Kadieu, kadie, maju awas (kesini, kesini maju (menepi) awas," teriak wanita yang ada dalam video.

Berdasarkan informasi, banjir tersebut diakibatkan meluapnya sungai Cimande, bahkan di wilayah tersebut terdapat tanggul yang jebol akibat hujan deras.

banjir yang menerjang jalur utama dan pemukiman warga, bahkan hal itu membuat arus lalu lintas menjadi terhambat.

Kepadatan kendaraan pun semakin memanjang karena bertepatan dengan jam pulang kerja para karyawan yang bekerja di kawasan tersebut.

Ilham Wijaya (20), warga asal Dusun Cimande, RT02/08, Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung mengatakan, hujan dengan intesitas tinggi serta kiriman air dari pengunungan membuat debit air di sungai Cimande meluap.

Bahkan, saat air meluap ia bersama keluarga sempat terjebak di dalam rumah karena tempat tinggal dirinya bertepatan dengan sungai Cimande.

"Luapan air mulai terjadi pada pukul 14.00 WIB. Saya beserta keluarga sempat terjebak selama dua jam di dalam rumah. Tidak bisa keluar, karena airnya besar sekali. Alhamdulillah kami sekeluarga berhasil memyelamatkan diri setelah ada kesempatan," ujar Ilham saat ditemui di lokasi.

Warga lainnya, Pipin Supardini (52) mengaku akibat luapan ini, air masuk ke dalam rumahnya. Sehingga mengakibatkan perabotan rumah miliknya rusak karena terendam luapan air.

"Di dalam rumah, luapan air mencapai 50 centimeter. Perabotan rumah tangga banyak yang hancur terendam," ucapnya.

Akibatnya, arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi terhambat dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat.




Share:

Definition List

Unordered List

Advertising

About Me

Email : advmedsos@mediacompersada.com