Instagram kini menjadi salah satu media sosial yang digandrungi banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.


Karena dibekali dengan sederet fitur, mungkin tak semua pengguna Instagram banyak yang mengetahui beberapa fitur lain yang ditawarkan.


Nah, kali ini KompasTekno akan merangkum sejumlah fitur tersembunyi Instagram yang jarang diketahui tapi bisa berguna. Kira-kira apa saja ya? Silakan simak penjelasannya di bawah ini.


1. Menyembunyikan status Online di Direct Message












Instagram memiliki fitur yang memungkinkan pengguna dapat melihat kapan terakhir pengguna lain membuka aplikasi Instagram. Keterangan waktu tersebut dimunculkan lewat fitur Direct Message.


Status "Online" menunjukkan bahwa pengguna tengah membuka aplikasi Instagram di foreground alias sedang dalam keadaan berjalan dan tampil di layar ponsel. Sementara "Last Seen" diartikan sebagai penanda waktu terakhir pengguna Instagram membuka aplikasi.


Bagi Anda yang ingin menyembunyikan status Online, Anda bisa mematikan opsi tersebut di menu pengaturan.


Caranya mudah, pilih menu Settings, lalu klik "Privacy". Scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Activity Status". Ketika diklik, nantinya akan ada Toggle "Show Activity Status" untuk menon-aktifkan status Online di Direct Message.


Perlu dicatat, jika menon-aktifkan opsi ini, maka Anda juga tidak bisa melihat status pengguna lain layaknya seperti di aplikasi WhatsApp.


2. Mengabaikan komentar dan pesan dari pengguna tertentu












Instagram menawarkan fitur bernama "Restrict". Fitur ini memungkinkan Anda bisa memastikan bahwa pengguna lain tidak dapat melihat Anda ketika sedang online atau jika Anda telah membaca pesan dari mereka.


Komentar dari beberapa pengguna pun juga bisa dibatasi. Artinya, komentar mereka hanya akan terlihat oleh Anda dan orang tersebut. Namun, Anda masih bisa memilih untuk melihat komentar tersebut dengan mengetuk opsi "See Comment".

Selain itu, Anda juga tidak akan menerima pemberitahuan apabila ada komentar atau pesan masuk yang dikirim oleh mereka. Artinya, dua pemberitahuan itu tidak akan masuk di kolom notifikasi.


Untuk membatasi beberapa pengguna di Instagram, Anda cukup membuka profil yang ingin Anda batasi. Setelah itu klik tiga titik di sudut kanan atas kemudian ketuk opsi "Restrict".


Secara otomatis, komentar mereka yang ada di posting Anda akan disembunyikan dan hanya bisa terlihat apabila komentar tersebut diklik oleh keduanya. Begitu juga dengan pesan masuk, mereka tidak dapat mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah dibaca atau tidak.


3. Membuat folder untuk menyimpan posting



Kini pengguna bisa membuat beberapa folder penyimpanan pada menu Saved. Dengan begitu, posting bisa disimpan dalam folder berbeda-beda sesuai kategori.

Misalnya Anda ingin menyimpan unggahan produk sepatu. Anda cukup membuat folder dan menamakannya sesuai dengan isi unggahan tersebut.


Untuk membuat folder, klik ikon "+" di menu Saved. Setelah itu, Anda bisa menyortir unggahan mana yang akan dimasukkan ke dalam folder khusus tersebut.

Kemudian akan muncul halaman "Create Collection". Anda akan diminta untuk menamai folder dan membuat cover tampilan folder. Usai menyunting, klik "Add" untuk menambahkan folder tersebut yang nantinya akan ditampilkan di samping folder "All Post".

4. Mengaktifkan pemberitahuan posting lewat fitur Turn On Notifications.





Seperti namanya, fitur ini sangat berguna apabila Anda tidak ingin melewatkan posting dari akun tertentu. Ketika fitur ini diaktifkan, Anda akan memperoleh pemberitahuan setiap kali mereka mengunggah postingan atau Story.


Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda cukup mengunjungi profil pengguna, kemudian klik salah satu posting di feeds, lalu ketuk simbol tiga titik di pojok kanan atas dan pilih opsi "Turn On Post Notifications".

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan opsi ini ketika unggahan tersebut muncul di kolom "Home".Setelah diaktifkan, nantinya akan ada notifikasi khusus ketika pengguna tersebut baru saja mengunggah posting atau story di akunnya.


5. Melihat informasi singkat profil akun Instagram












Instagram memiliki opsi bernama "About This Account". Lewat opsi ini, Anda bisa melihat informasi singkat mengenai akun Instagram yang ingin diketahui.


Cara melihatnya mudah, Anda cukup membuka profil akun pengguna tertentu, lalu klik tiga titik di pojok kanan atas.


Kemudian pilih opsi "About This Account". Ketika di-klik, akan muncul halaman yang menampilkan rincian informasi terkait tanggal pertama kali akun itu dibuat, asal negara pengguna, serta nama username sebelumnya yang pernah digunakan.


Di bawahnya juga ada informasi mengenai berapa jumlah follower Anda yang juga mengikuti akun tersebut.


Untuk akun bisnis, Instagram juga akan memunculkan informasi apabila akun ini juga beriklan lewat platform lain seperti Facebook.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama