DITENGAH GUYURAN HUJAN, KODIM 1801/MANOKWARI BERSAMA BPBD MEMBERIKAN PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEPADA ASN LPMP PAPUA BARAT











Sigap dan antisipasi dalam menghadapi bencana alam di wilayah. Kodim 1801/Manokwari bersama BPBD Provinsi Papua Barat melaksanakan kegiatan pelatihan simulasi penanganan korban bencana alam kepada ASN LPMP dalam rangka meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan bencana di Lapangan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua Barat, Jumat (09/04/2021)


Pelatihan simulasi penanganan korban bencana yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk melatih dan membentuk serta mengukuhkan Tim Reaksi Cepat penanganan bencana di lingkungan LPMP Provinsi Papua Barat. Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Plh Pasi Ops Kodim 1801/Manokwari Mayor Inf D. Mendrofa, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Papua Barat Yordan Komnaris, SH dan Kepala LPMP Provinsi Papua Barat Edy Sula. Adapun ASN LPMP yang ikut pelatihan tersebut sebanyak 67 dan didukung pelatih dari Kodim 1801/Manokwari, BPBD Provinsi Papua Barat dan Basarnas Manokwari.


Dalam pelaksanaannya, Mayor Inf D. Mendrofa menuturkan Keterlibatan TNI khususnya Kodim adalah sesuai UU No.34 Tahun 2004 Pasal 7, bahwa TNI mempunyai Tugas Pokok melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan salah satunya adalah dalam hal membantu menanggulangi akibat bencana alam. Untuk meminimalisir korban bencana gempa bumi, maka Kodim 1801/Mamokwari bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Papua Barat, melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas kesiapsiagaan bencana kepada LPMP Papua Barat.


"Saya sangat bangga atas semangat para ASN LPMP dalam pelaksanaan simulasi penanganan bencana ini walaupun diguyur hujan deras pada saat pelaksanaan. Pelatihan ini seperti nyata dilapangan ketika ada kendala saat melaksanakan tugas. Dengan melihat antusias para peserta ini, saya yakin kalau ASN LPMP ini sudah layak menjadi Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana Alam." pungkasnya


Diakhir pelatihan tersebut, Edy Sula menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPBD bersama Kodim 1801/Manokwari dan Basarnas yang telah memberikan pelajaran dan latihan simulasi penanganan bencana gempa bumi selama dua hari, sehingga kedepan LPMP mampu secara mandiri melakukan upaya evakuasi Mandiri pada saat penanganan bencana gempa dengan demikian akan membantu pihak pemerintah terutama Posko Bencana dalam penanganan evaluasi korban dilapangan.


Narasumber : One 007 Papua

Pewarta : Liesna Ega

Editor : G.Gumilar


Posting Komentar untuk "DITENGAH GUYURAN HUJAN, KODIM 1801/MANOKWARI BERSAMA BPBD MEMBERIKAN PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KEPADA ASN LPMP PAPUA BARAT "