Pembunuhan Terhadap OAP oleh KSP di Kp. Tagaloa, Distrik Ilaga (Perbatasan Distrik Ilaga dan Distrik Ilaga Utara)

Pada 16 April 2021, Pukul  07.20 WIT, di Distrik Ilaga, termonitor telah terjadi penembakan terhadap Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) oleh KSP hingga menyebabkan korban MD di sekitar Kp. Tagaloa, Distrik Ilaga (perbatasan Distrik Ilaga dan Distrik Ilaga Utara / akses jalan menuju Muara Kompleks, Distrik Ilaga Utara). Selanjutnya dilaporkan sbb:

1. Identitas korban sbb:

a. Nama : Ali Mom Balinal 

b. Suku : Damal

c. Alamat : Kp. Kimakd

d Pekerjaan : Pelajar SMAN 1 Ilaga 


2. Adapun kronologis kejadian sbb :

a. Sekitar pukul 04.50 WIT, pihak keluarga mendapat telepon dari KSP (masih dalam lid) bahwa Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) telah dibunuh oleh KSP. 


b. Selanjutnya, sekitar pukul 05.00 WIT, pihak keluarga bersama sekitar 30 orang masyarakat berkumpul di Jl. Pinggir, Kp. Jenggerpaga, Distrik Ilaga (sekitar kediaman Wakil Bupati Puncak) guna merencanakan evakuasi korban dan melaporkan kejadian tersebut kepada Andreas Balinal (Kakak Wakil Bupati Puncak), kemudian rombongan masyarakat bergerak menuju lokasi kejadian dipimpin Andreas Balinal (Kakak Wakil Bupati Puncak). 


c. Sekitar pukul 06.30 WIT, pihak keluarga dan masyarakat yang dipimpin Andreas Balinal (Kakak Wakil Bupati Puncak) tiba di lokasi kejadian sekitar wilayah Tanah Merah s.d Kp. Tagaloa, Distrik Ilaga. Adapun di lokasi kejadian ditemukan Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) dalam kondisi MD dan motor milik korban telah hangus dibakar KSP. 


d. Pukul 07.10 WIT, rombongan pihak keluarga dan masyarakat mengangkut korban dengan berjalan kaki menuju Puskesmas Ilaga guna tindakan medis. 


e. Sekitar pukul 08.30 WIT, Apkam yang terdiri dari Polres Puncak, Koramil Ilaga, dan Polsek Ilaga dipimpin Letkol Inf Rofi Irwansyah, S.IP (Dandim 1714/Puncak Jaya) bersama tim evakuasi Puskesmas Ilaga bergerak menuju lokasi kejadian. 


f. Pukul 08.45 WIT, tim evakuasi tiba di Puskesmas Ilaga dan jenazah Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) dibawa ke ruangan untuk tindakan autopsi. Adapun rombongan masyarakat yang mengangkut jenazah bertemu dengan tim evakuasi saat perjalan menuju Puskesmas Ilaga, selanjutnya jenazah dibawa menggunakan ambulance Puskesmas Ilaga. 


g. Sekitar pukul 10.11 WIT, pasca tindakan autopsi jenazah Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) dibawa ke rumah duka menggunakan _ambulance_ Puskesmas Ilaga. 


3. Berdasarkan hasil autopsi, diperoleh keterangan terkait penyebab kematian korban sbb:

a. Luka tembak dari pelipis kiri tembus pelipis kanan

b. Luka tembak pada pundak kanan belakang tembus pundak kanan depan

c. Luka bacok di kepala atas bagian kiri

d. Luka di di bawah telinga kanan 


4. Apabila meninjau kondisi korban beserta luka-lukanya, korban telah meninggal sejak 8 jam lalu terhitung pertama ditemukan. 


1. Terdapat hasil _tapping_ percakapan pada 15 April 2021, pukul 19.17 WIT, antara Maikel Mahole dan Numbuk Telenggen (KSP) dengan esensi percakapan bahwa Numbuk Telenggen (KSP) menyampaikan telah terjadi pembakaran motor dan penembakan terhadap orang yang diduga mata-mata Apkam di jalan menuju Muara Kompleks, Distrik Ilaga Utara. 


2. Diketahui bahwa Ali Mom Balinal (Korban / Masyarakat Kp. Kimak / Pelajar SMAN 1 Ilaga) pernah diasuh oleh Koramil Ilaga dan kakak korban merupakan Apkam. (identitas lengkap kakak korban dalam lid) 


3. Seluruh Pos Apkam teritorial dan satgas yang terpusat di Distrik Ilaga melaksanakan siaga dan waspada dalam rangka antisipasi ancaman dan gangguan keamanan lanjutan dari KSP mengingat indikasi keberadaan KSP masih berada di sekitar Distrik Ilaga. 


4. Pos Puncak Satgas Elang II tetap memonitor rencana pergerakan KSP yang masih terkonsentrasi di Kab. Puncak melalui pemetaan dan pendalaman terkait jalur perlintasan, persinggahan, dan aktivitas gangguan keamanan yang dilakukan oleh KSP.


Ns : Darma

Editor : G.G

Posting Komentar untuk "Pembunuhan Terhadap OAP oleh KSP di Kp. Tagaloa, Distrik Ilaga (Perbatasan Distrik Ilaga dan Distrik Ilaga Utara)"