SMPN 3 LEMBANG BERSIHKAN 100 MESJID

Mediacompersada.com - Bandung Barat – SMPN 3 Lembang Kab. Bandung Barat menggelar program bakti sosial dengan membersihkan 100 mesjid. Program yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadan ini merupakan agenda rutin tahunan sekolah . Kegiatan ini pun merupakan salah satu tugas akhir siswa kelas IX selepas ujian sekolah, digelar pada 28 April-6 Mei 2021.


Kepala SMPN 3 Lembang, Wawan Kuswandi, mengungkapkan bahwa bakti sosial di atas dilaksanakan di sejumlah masjid yang ada di Lembang. Menurutnya, agenda ini sangat penting dalam meningkatkan kepekaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungannya. Sehingga hal tersebut akan bermanfaat di kehidupan akan datang.


“Program bakti sosial ini merupakan hal yang sangat penting dalam melatih kepekaan dan kepedulian siswa terhadapa lingkungan sekitarnya. Sehingga hal ini akan bermanfaat selepas lulus dari sekolah,”ungkapnya.


Ditambahkannya bahwa hingga berita ini diturunkan kegiatan di atas masih berlangsung. Program ini diikuti oleh lebih dari 300 siswa. Menurutnya, bakti sosial tersebut dibagi atas beberapa kelompok dengan bimbingan wali kelas. Setelah berakhir kegiatan, setiap kelompok diwajibkan membuat laporan akhir dalam bentuk video berdurasi 2-3 menit yang harus diunggah di media sosial. Selain itu, mengingat program dilaksanakan pada masa pandemi maka pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.


Lebih jauh disampaikan bahwa tujuan bakti sosial, selain untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan , menanamkan sikap kebersamaan, bersosiaisasi dengan masyarakat sekitar, juga menanamkan semangat untuk memberikan manfaat bagi orang lain atau masyarakat.


Ditandaskannya bahwa program ini walaupun terlihat sederhana, namun diharapkan dapat memberikan manfaat kepada lingkungan sekitarnya. Menurutnya, sebagaimana yang diajarkan Islam bahwa sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.


“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada lingkungan sekitarnya, sesuai kemampuan masing-masing. Seperti yang diajarkan Islam bahwa sebaik-baiknya umat manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya, banyak hal yang dianggap kecil yang bisa dilakukan dan memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan,” tandasnya.***



Narasumber : Budi Ruhiat

Penulis : Adhyatnika Geusan Ulun.

 Pewarta : DasARSS IiNews Jabar. 

Editor Red IINews : G.G



Posting Komentar untuk "SMPN 3 LEMBANG BERSIHKAN 100 MESJID"