TIM PPK KBB SIAP TERBITKAN BUKU MEMBANGUN GENERASI CERDAS BERKARAKTER


Mediacompersada.com - BANDUNG BARAT – Tim Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kab. Bandung Barat telah berhasil menyusun sebuah buku dengan judul Membangun Generasi Cerdas Berkarakter. Buku karya dari para guru yang akan terbit dalam waktu dekat tersebut, disusun sebagai upaya mendukung program penguatan pendidikan karakter di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat.



Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Dadang A. Sapardan, saat ditemui perwakilan Tim PPK di ruang kerjanya, mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik rencana penerbitan buku tersebut. Menurutnya, langkah di atas merupakan salah satu upaya mengimplementasikan PPK secara masiv pada setiap satuan pendidikan. Hal ini pun merupakan langkah nyata PPK dalam upaya pembenahan secara komprehensif terhadap penumbuhkembangan karakter siswa di setiap sekolah.



“Kami mengapresiasi rencana penerbitan buku karya Tim PPK. Hal ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan PPK secara masiv pada setiap satuan pendidikan. Hal ini pun merupakan langkah nyata PPK dalam upaya pembenahan secara komprehensif terhadap penumbuhkembangan karakter pada setiap siswa,” ungkapnya.



Ditambahkannya bahwa implementasi PPK merupakan langkah yang harus mendapat dukungan optimal dari semua pihak karena merupakan upaya penyiapan generasi masa depan bangsa. Menurutnya, dalam mengimplemnetasikan PPK harus didasari dengan pemikiran bahwa pada masa mendatang, insan berkarakter unggullah yang dapat survive. Kemudian, penyiapan generasi masa depan bangsa melalui penerapan PPK ini sejalan dengan ungkapan Ali bin Abi Thalib r.a., Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, sungguh mereka akan menghadapi masa depan yang berbeda dengan zamanmu.



Sementara itu, Endang Wahyu Widiasari, perwakilah Tim PPK, menyampaikan bahwa buku di atas merupakan antologi best practice para guru. Menurutnya, buku ini mendeskripsikan praktik baik sekolah di Kab. Bandung Barat dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter untuk terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Oleh karena itu, diharapkan karya ini menjadi inspirasi bagi setiap sekolah untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter.



“Buku yang akan diterbitkann ini mendeskripsikan praktik baik sekolah di Kab. Bandung Barat dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter untuk terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Semoga karya ini menjadi inspirasi bagi setiap sekolah untuk melaksanakan PPK,” imbuhnya.



Lebih jauh disampaikan bahwa pihaknya mendapatkan kehormatan dengan dibubuhinya kata pengantar yang rencananya akan ditulis oleh Ir. Hendarman, M,Sc. Ph.D. Kepala Puspeka Kemendikbud. Selain itu, hadir juga tulisan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, Asep Dendih, dan sejumlah praktisi pendidikan lainnya, termasuk testimony dari Idris Afandi, Widyaprada LPMP Jawa Barat.
Endang menambahkan bahwa pihaknya menggandeng Newsroom Press (NR) dalam penerbitan buku tersebut. Hal ini sebagai salah satu bentuk kerja sama dua wadah yang sama-sama berkomitmen untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat di lingkungan Dinas Pendidikan Kab. Barat sesuai dengan bidang masing-masing.



Di sisi lain, Adhyatnika Geusan Ulun, Newsroom Press, mengapresiasi langkah Tim PPK. Menurutnya, hal ini mendorong pihaknya untuk membantu merealisasikan ide tersebut. Salah satu bentuk bantuannya adalah dengan memfasilitasi terbitnya buku di atas seoptimal mungkin.



Ditandaskannya juga bahwa Newsroom Press sebagai salah satu divisi dari Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat senantiasa berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dengan memberikan informasi yang bermanfaat, serta membantu guru dan pihak lainnya dalam penerbitan buku. Salah satunya adalah kerja sama dengan Tim PPK.



“Kami mengapresiasi langkah Tim PPK yang menggandeng Newsroom Press dalam menerbitkan buku karya guru. oleh karena itu, sebagai salah satu divisi dari Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat, berupaya seoptimal mungkin untuk memfasilitasnya. Semoga kerja sama ini memberikan manfaat kepada semua pihak,” tandasnya.






Narasumber : Adhyatnika Geusan Ulun .
Pewarta : DasARSS IiNews Jabar.
Editor Red IINews : G.G

Posting Komentar untuk "TIM PPK KBB SIAP TERBITKAN BUKU MEMBANGUN GENERASI CERDAS BERKARAKTER"