Penerimaan Dana CSR dari PT. KCIC, Peresmian Jalan SPN - Cipada , Selakuning-Ciawitali, Begini PLT. Bupati KBB bersama Forkopimda KBB

Beirta Terkini, Bandung Barat, mediacompersada.com - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) memperoleh dana Corporate Social Responsibilty (CSR) dari PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) untuk perbaikan jalan alternatif dari arah Kecamatan Ngamprah, Cisarua dan Lembang, menuju Cikalongwetan.


Ruas jalan yang merupakan aksesbilitas masyarakat ini, kini telah rampung dan diresmikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan di Lapang Cipada Cikalongwetan, Jum’at (4/6/2021)


Total panjang jalan yang diperbaiki tersebut, 27 km dengan ruas jalan SPN-Cipada 12,6 km, Selakuning-Ciawitali 7,75 km dan Ganjarsari-Cisomang Barat 6 km. Masing-masing lebar jalan tersebut, antara 3 – 3,5 meter.


“Masyarakat tentu senang karena dengan jalan bagus, bisa mempermudah akses. Hingga ekonomipun bisa tumbuh,” ujar Hengki, pada wartawan.


Hengki menyatakan dana CSR, sangat berpengaruh terhadap pembangunan di KBB. Pasalnya anggaran pemerintah tidak bisa mengcover seluruh pembangunan di daerah.


Terlebih di masa pandemi Covid-19, Pendapatan Asli Daerah (PAD), anjlok turun hingga 60%. ” Saya berharap, bagi swasta yang berinvestasi di KBB, bisa memaksimalkan dana CSR-nya,” tegas Hengki.


Direktur Transit Depeloment Oriented (TOD) PT. Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) Chandra Dwiputra berharap jalan tersebut bermanfaat bagi masyarakat. Perekonomian warga di sana, bisa meningkat.

“Mudah-mudahan, jalan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat demi kemajuan KBB,” ujarnya.


Chandra juga menuturkan, proyek pembangunan KCJB ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2023. Khusus untuk proyek pembangunan di lintasan KBB, semula TOD di Walini Cikalongwetan. Namun karena pertimbangan bisnis, TOD kemudian dipindahkan di statsiun Padalarang.


“Mudah-mudahan di akhir tahun 2023, (KCJBl bisa beroperasi. Jakarta-Bandung bisa ditempuh 35 menit,” ujar Chandra.


Sementara Wakil Ketua DPRD KBB, Ayi Sudrajat mengatakan, jalan mulus tersebut kini bisa dinikmati oleh masyarakat. Terutama masyarakat yang berada di Desa Sadang Mekar, Cipada Kecamatan Cisarua, Desa Pasir Langu Kecamatan Cisarua, Desa Cipada Kecamatan Cikalongwetan, yang bermata pencaharian rata-rata sebagai petani.


“Untuk menjual hasil sayurannya, tentunya warga harus melewati jalan bagus. Selama ini, ruas jalan di sekitar itu rusak berat. Pastinya, ini sangat membantu warga,” ucapnya.



Editor : G.G

Posting Komentar untuk " Penerimaan Dana CSR dari PT. KCIC, Peresmian Jalan SPN - Cipada , Selakuning-Ciawitali, Begini PLT. Bupati KBB bersama Forkopimda KBB"