Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Kunjungan Presiden RI Di Wilayah Sorong Papua Barat

Berita Terkini, mediacompersada.com -


Sorong Papua Barat -Dalam rangka kunjungan kerja presiden RI ke kota sorong papua barat maka di laksanakan apel gelar pasukan pengamanan gabungan dalam rangka kunjungan kerja preside RI. Ir.H. Joko Widodo diwilayah Sorong yang dipimpin langsung oleh Mayjend TNI I Nyoman Cantiasa ,SE. M. Tr .Han (Pangdam XVIII/Ksr) dan sebagai Komandan Apel Mayor Inf Arwansyah Siregar ( Wadanyon RK 762 / VYS ) yang di ikuti sebanyak 750 orang.
apel gelar pasukan tersebut di laksanakan di lapangan apel korem 181/PVT kota sorong papua barat.(sabtu,02/10/2021)


Apel gelar pasukan tersebut melibatkan seluruh jajaran TNI dan Polri.pasukan yang terlibat dalam gelar apel pengamanan RI 1 di kota sorong papua barat terdiri dari,
- 181 personil dari Pasmar 3
-94 personil dari Lantamal XIV
- 96 personil dari Kodim 1802/Sorong
- 186 personil dari Yonif RK 762/VYS
- 136 personil dari Yonzipur 20/PPA
- 47 personil dari brimob Pelopor sorong.
- 94 personil dari Polres Sorong Kota
- 23 personil dari Polres kabupaten Sorong.
- 26 personil dari Denpom XVIII-01/Sorong
- 19 personil dari PM Lantamal XIV dan
- 15 personil dari Perwakilan TNI AU Sorong


Dalam sambutannya Pangdam XVIII/KSR bersama Kapolda Papua Barat mengatakan bahwa pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka untuk meyakinkan tugas kita agar dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,untuk itu setiap orang harus tahu apa yang harus dikerjakan dan siapa, melakukan apa dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo di wilayah kota Sorong.
Untuk itu sebagai prajurit Kodam XVIII/KSR, jajaran Korem 181/PVT serta Polres Kota Sorong dan Kabupaten Sorong ini adalah salah satu kehormatan bagi kita semua.



Inilah tugas yang telah dipercayakan pemerintah kepada kita semua adalah salah satu tugas pengamanan VVIP ini, sangat berat akan tetapi apabila kita laksanakan tugas dengan ikhlas, akan terasa ringan.
Untuk itu laksanakan tugas pengaman dengan baik, ikuti petunjuk dari para komandan yang telah di bagikan dalam sektor masing - masing serta laksanakan koordinasi dengan para Komandan Sektor yang lain, sehingga apabila ada perkembangan situasi di lapangan dapat mengetahui semua.
Kita harus jaga kehormatan para Komandan Satuan maka kita dapat melaksanakan tugas dengan profesional sehingga dalam tugas dapat berjalan dengan baik, apabila para anggota yang belum paham dan kurang jelas dalam melaksanakan tugas dapat menanyakan kepada Komandan Sektor masing masing. 


Laksanakan koordinasi dengan para Komandan Sektor masing- masing dengan menggunakan radio maupun alat komunikasi yang lain, sehingga perkembangan detik perdetik, menit permenit dapat dipantau dan segera laporkan kepada pimpinan apabila terjadi perkembangan situasi, sehingga para pimpinan dapat mengambil langkah yang tepat. 
Sekali lagi bahwa kita harus selalu waspada dan waspada di setiap titik- titik yang dianggap rawan, kemungkinan menjadi ancaman. Selamat bertugas,"tegas pangdam.


Kemudian di lanjutkan dengan Sambutan Kapolda Papua Barat yg intinya bahwa,
Pada hari ini kita melaksanakan apel gelar pasukan dalam kunjungan kerja Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo di wilayah Sorong. Sebagai prajurit Kodam XVIII/KSR jajaran Korem 181/PVT serta Polres Kota Sorong dan Kabupaten Sorong ini adalah salah satu kehormatan bagi kita semua dan apa yang telah disampaikan oleh bapak Pangdam XVIII/KSR .
Kita sudah melaksanakan pemeriksaan kepada seluruh perserta apel dan perlengkapan yang digunakan dalam melaksanakan tugas pengamanan kunjungan kerja Presiden RI di wilayah Sorong, karena pada 3 minggu yang lalu Presiden RI yang akan melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Sorong tidak jadi sehingga pada tanggal 03 s.d. 04 Oktober 2021 beliau akan ke wilayah Sorong.

Sebagai aparat keamanan yang berada di wilayah Sorong kita telah mendapatkan tugas mengamanan VVIP yaitu bapak Presiden RI, ini semua adalah salah satu kehormatan bagi kita semua .

Dalam melaksanakan tugas kita harus bersinergi, TNI-Polri harus dapat menjalankan tugas dengan baik, kepada Komandan Sektor yang telah diberikan tanggung jawab dalam sektor masing- masing agar dapat berkerja sama dengan anggota sehingga dalam menjalan tugas dapat berjalan dengan lancar. 


Perlu kita pahami dalam kunjungan kerja di setiap wilayah Presiden RI selalu menyapa kepada masyarakat sehingga beliau banyak dicintai rakyat, sehingga kita harus dapat memahami dalam terjadinya perubahan dan kita harus juga dapat mengamankan situasi tersebut. 
Sekali lagi kepada Komandan Sektor, baik di Bandara DEO, Hotel, Kompleks Kantor Walikota Sorong, Pam Rute, penanaman jagung dan tirai selalu laksanakan komunikasi dengan baik.


Lanjutnya bahwa Kepada Pasukan pengamanan VVIP di harapkan pada saat Kunjungan RI 1 di wilayah Sorong agar dapat memberikan kesan dan pesan yang terbaik apabila bersalam dengan masyarakat,agar di pedomani seluruh Pasukan pengamanan VVIP agar tidak menakut nakuti masyarakat saat melaksanakan tugas pengamanan RI 1 apabila meninjau sektor sektor yang di tentukan di upayakan kepada masyarakat agar tetap menerapkan Protokol kesehatan,"ucapnya.


Dalam Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP RI - 1 Pangdam XVIII/KSR bersama Kapolda Papua Barat beserta Unsur pimpinan TNI /POLRI Papua Barat, mengecek kesiapaan Personil dan Peralatan sekaligus memberikan tugas dan tanggung jawab kepada Komandan Komandan sektor dan Anggotanya untuk melaksanakan tugas Pengamanan sesuai tugas pokok dalam melaksanakan tugas pengamanan VVIVP kunjungan presiden RI,"tegasnya kapolda papua barat.

Editor : GG

Posting Komentar untuk "Apel Gelar Pasukan Pengamanan Dalam Rangka Kunjungan Presiden RI Di Wilayah Sorong Papua Barat"