DARI RELASI UPETI KEMITRA STRATEGIS

mediacompersada.com - 2000 tahun perjalanan hubungan tiongkok-Indonesia. Kitab sejarah Tiongkok kuno mencatat, sejak zaman Dinasti Han Timur (25- 220) antara Tiongkok dan Nusantara sudah terjalin hubungan tribater (upeti).



Sejarah hubungan Tiongkok dan Indonesia telah berlangsung sekitar 2.000 tahun. Dimulai sejak dibukanya jalur sutra laut di zaman Dinasti Han (206 SM-220 M). Seperti halnya pengiriman utusan, pengiriman upeti dari raja-raja Nusantara ke "Kaisar Sejagat" di Tiongkok merupakan tradisi yang lazim dilakukan kala itu. Namun, benarkah pemberian upeti merupakan tanda tunduk dan patuh atau hanya simbol hubungan baik di antara kedua bangsa?


Prof. Liang Liji meneliti hubungan Tiongkok-Indonesia sejak zaman tradisi pemberian upeti, masa bekunya hubungan diplomatik selama 23 tahun di era Orde Baru, hingga ke masa Perjanjian Kemitraan Strategis, 2005. la antara lain memakai berbagi referensi kitab-kitab sejarah Tiongkok kuno, terutama kitab-kitab zaman Dinasti Ming. Dalam kajiannya, Liang Liji selalu menitik-beratkan pada unsur-unsur persamaan dan persahabatan, bukan perbedaan, apalagi perselisihan. 


Buku yang perlu dibaca di era kebangkitan kembali Tiongkok sebagai kekuatan politik dan ekonomi dunia saat ini. Terutama untuk memahami mengapa pertalian kedua bangsa begitu erat dan sulit diputuskan. Tiongkok dan Indonesia merupakan dua negara besar dan berpengaruh di Asia. Kemajuan bersama hanya bisa dicapai jika kedua bangsa saling memahami dan menghormati.


Penulis : Prof. Liang Liji

Penerbit : Kompas Gramedia

Sampul : Softcover

Tebal : 612 halaman

Berat : 700 gram

Harga : Rp 115.000,-


Info pemesanan, Wa : 081371662013


Terima kasih 


#Tiongkok

#Indonesia

#MitraStrategis


Narasumber Pewarta : Setiyono.

Editor : GG


Posting Komentar untuk "DARI RELASI UPETI KEMITRA STRATEGIS"