KEPALA DESA DAPAT MEMBERHENTIKAN PERANGKAT DESA YANG LAMA KE PERANGKAT DESA YANG BARU ?

 

mediacompersada.com - Kepala Desa adalah sebuah jabatan, pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pertanyaan yang sering ada dalam pikiran kita yaitu apa boleh kepala desa mengganti perangkat desa yang lama ke perangkat desa yang baru, “boleh nggak ya?”


Di berbagai desa di Indonesia baru saja melakukan pemilihan kepala desa, mungkin salah satunya di daerah kalian ya mungkin sekarang banyak kepala desa, perangkat desa atau bahkan masyarakat yang peduli dengan Desa. Ada fenomena yang menjadi tradisi dalam proses pelaksanaan dan setelah Pelantikan kepala desa, kepala desa biasanya ingin mengganti struktural jabatan di pemerintahan desa dengan alasan yang berbeda-beda.


Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kepala desa, perangkat desa dan masyarakat agar pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dasar hukum yang menjadi pedoman pengangkatan perangkat desa adalah undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan, undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2015 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa secara otomatis Permendagri nomor 83 tahun 2015 sudah tidak berlaku dan mengacu pada Permendagri Nomor 67 tahun 2017, Kepala desa dan perangkat desa, antara unsur staf yang membantu kepala desa dalam penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalam sekretariat desa dan unsur pendukung. 


Tugas kepala desa dalam pelaksanaan kebijakan yang diwadahi dalam bentuk pelaksana teknis dan unsur kewilayahan perangkat desa bertugas membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, dalam melaksanakan tugas dan wewenang perangkat desa yang bertanggung jawab penuh kepada kepala desa.


kepala desa atau sebutan lain adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari pemerintah dan pemerintah daerah dan desa juga hasil akhirnya. kepala desa bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, sebetulnya banyak sekali wewenang dan tugas yang ada di dalam undang-undang_nomor_6_tahun_2014.

Kepala desa mempunyai beberapa wewenang salah satunya pada Point B yaitu mengangkat dan memberhentikan perangkat desa, mekanisme pengangkatan perangkat desa, mengangkat dan memberhentikan perangkat desa adalah wewenang dari kepala desa, dalam pengangkatan tersebut harus mematuhi mekanisme yang ada dalam peraturan perundang-undangan, mekanisme pengangkatan perangkat desa perangkat desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga desa yang telah memenuhi persyaratan umum dan khusus.

1. berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat berusia 20 tahun sampai dengan 42 tahun 

2. point C dihapus 

3. memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi

untuk kelengkapan administrasi sebagaimana yang kita maksud diatas, kepala desa memperhatikan perangkat desa setelah berkonsultasi dengan Camat, perangkat desa berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri atau mengundurkan diri dan diberhentikan. untuk memahaminya perangkat desa diberhentikan sebagaimana dimaksud pada peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, ayat 2 huruf c yaitu:


1. usia telah genap 60 tahun 

2. dinyatakan sebagai terpidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat lima tahun berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap 

3. berhalangan tetap 

4. tidak lagi memenuhi persyaratan sebagai perangkat desa 

5. melanggar larangan sebagai perangkat desa 

Pemberhentian perangkat desa seperti meninggal dunia permanen atau mengundurkan diri ditetapkan dengan keputusan kepala desa dan disampaikan kepada Camat atau sebutan lain, Paling lambat 14 hari setelah ditetapkan, kemudian seperti diberhentikan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat atau sebutan lain. Rekomendasi tertulis sangat didasarkan pada persyaratan pemberhentian perangkat desa. 


Kepala desa mengganti perangkat desa pada intinya sepanjang kepala desa yang baru ingin mengangkat perangkat desa yang baru maka ia harus melalui mekanisme yang telah diatur sebagaimana yang telah dijelaskan dalam peraturan perundang-undangan. Perangkat desa yang lama memang harus diberhentikan untuk kemudian diganti dan diangkat, perangkat desa yang baru tentu harus ada alasan-alasannya, Kepala Desa untuk mengganti perangkat desa dengan alasan-alasannya terpenuhi maka kepala desa berwaenang untuk menggantinya, untuk memperkuat sumber daya manusia dan penyelenggaraan pemerintahan. Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa ini pun wajib dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat atau sebutan lain. 


Oleh karena itu kepala desa selaku pihak yang berwenang untuk mengangkat dan memberhentikan perangkat desa tentu harus bertindak sesuai dengan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, poin yang dapat kita ambil adalah: 


dalam hal wewenangnya kepala desa dapat mengangkat dan memberhentikan perangkat desa undang-undang_nomor_6_tahun_2014


mekanisme yang dilakukan harus sesuai dengan undang-undang desa dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa


alasan pemberhentian yang terpenuhi bagaimana mekanismenya dengan aturan yang berlaku tentang proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Ds. Dahlan



Narasumber pewarta : Dede Salim


Editor Red : GG

Posting Komentar untuk "KEPALA DESA DAPAT MEMBERHENTIKAN PERANGKAT DESA YANG LAMA KE PERANGKAT DESA YANG BARU ?"