Modus Baru Penipuan dan Pemerasan Update 2022

Mediacompersada.com (MUP) - Rekan dan sahabat sekalian saya akan membagikan pengalaman yg saya alami baru-baru ini. Sekarang ini ada modus baru penipuan dan pemerasan yg dilakukan Oknum-oknum penjahat dengan cara :

Modus Penipuan

1. Pertama kita akan menerima SMS/WA yang menagih kita untuk membayar utang pada Pinjol atau Kartu Kredit dan itu dilakukan berulang ulang sampai kita merespon SMS atau WA. 

2. Saat kita merespon karena merasa tidak punya utang disinilah mereka beraksi dan mengajak kita melakukan Video Call dengan alasan mereka akan memperlihatkan dokumen perjanjian ataupun tagihan kita. Pada saat kita melakukan video Call mereka mengcapture foto kita dan saat video call itu kita hanya diperlihatkan tumpukan berkas dan tidak sampai satu menit mereka memutus sambungan telepon.

3. Setelah itu kita akan menerima WA dimana foto kita yg dicapture  dan data-data kita yg entah mereka dapat dari mana bahwa kita buron pinjaman On line atau Kartu Kredit dan disinilah mereka meminta uang 20 Jt ( kejadian saya alami )  dengan ancaman mereka akan menyebarkan ke medsos serta teman teman dalam kontak kita apa yg mereka buat. 

4. Jika kita tidak menanggapi mereka segera menyebarkan kebeberapa kontak kita dan besoknya  mereka akan menghubungi kita (mereka pasti berpikir pasti sudah ada yang menghubungi kita karena menerima konten yg mereka sebarkan) dan saat itulah mereka menaikkan jumlah pemerasan mereka sampai 50 Jt. Dengan ancaman akan menyebarkan konten ke lebih banyak lagi orang dan  berulang ulang mereka menekan agar kita mentransfer uang. Saya mengalami hampir tiap menit mereka mengirim WA dan akhirnya berkat dukungan teman-teman aparat oknum tersebut dapat ditangkap.


Untuk itu kepada teman teman yg mengalami hal seperti yg saya alami jangan panik dan langsung mengirim uangnya tapi laporkan nomor yang meneror kita kepolisi terdekat atau  Cyber Crime Polri.

Semoga Pengalaman yg saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua dan kita terhindar dari upaya Pemerasan serta penipuan.


Sumber: Nana DNA

Editor: Morris

Posting Komentar untuk "Modus Baru Penipuan dan Pemerasan Update 2022"